BARU seminggu diganti modem, dari model usang (TP Link) ke modem FiberHome (Indihome), koneksi internet Speedy Telkom sudah mengalami gangguan, Selasa (13/9/2016) malam.
Seperti pengalaman sebelumnya, perbaikan gangguan ini akan lama, tidak akan 'fast respons'. Tapi, tetap saja, saya sampaikan keluhan via Twitter ke @TelkomCare dengan 'risiko' balasan standar: keluhan diterima dan perbaikan akan segera dilakukan.
Biasa weh.... ditambah murang-maring di Facebook, sekadar curhat, untuk mengurangi stres dan 'tingkat depresi'. Lumayan, terhibur dengan banyaknya like dan komentar :)
Hasil Googling, sinyal lampu LOS merah kedip-kedip itu umumnya alasannya yaitu problem kabel. Bisa alasannya yaitu kabel optiknya rusak digigit tikus, dapat juga rusak alasannya yaitu hal lain.
Ingat ada nomor telepon teknisi yang ditulisnya sendiri di kardus modem FiberHome, dikala mereka pasang, saya eksklusif SMS, ngabarin ada gangguan. Pagi harinya, siang ketang...., datangnya Pak Ely, bersama temannya.
Kebetulan, katanya, teknisi sedang melaksanakan perbaikan gangguan di pusat, yakni kotak kabel koneksi telepon Telkom di gerbang kompleks. Oh... gamas toh, gangguan masal.
Selang satu-dua jam, gangguan hilang. Koneksi internet kembali normal. Sinyal Lampo LOS Merah kedip-kedip sudah tidak ada.
Namun, hanya Wifi yang back to normal. Koneksi eksklusif modem FiberHome ke komputer, masih ngadat alias 'no connection'.
Setelah konta-kontak dengan teknisi yang kebetulan ada di kompleks, datanglah kembali sang teknisi ke rumah dan 'ngoprek' modem & komputer untuk mengatasi gangguan FiberHome itu.
Kesimpulannya, Cara Mengatasi Gangguan Fiberhome Lampu LOS Merah Kedip-Kedip adalah
- Sampaikan keluhan via Twitter
- Kontak teknisi yang Anda kenal atau ada kontaknya
- Jika perlu tiba eksklusif ke Kantor Telkom terdekat.
Sehari sesudah gangguan diatasi, ada telepon dari Kantor Tekom Ujungberung Bandung, menanyakan soal gangguan. Saya bilang, sudah normal, dan tiket keluhan pun dihapus.
Namun, dari telepon itu, saya jadi tahu, jarak antara mengeluh di Twitter ke @TelkomCare ke Kantor Telkom terdekat, butuh waktu dua hari.
Lapor ke Twitter Selasa malam, respons dari kantor Telkom terdekat gres Kamis pagi, eh siang, jam 10-an soalnya. Bisa alasannya yaitu admin Telkom Care lambat kirim nomor tiket keluhan/pengaduan, dapat juga alasannya yaitu di kantor Telkom terdekatnya banyaaaaaakkk banget tiket pengaduan gangguan.
Sekitar sejam sesudah tlp dari Telkom Uber, datanglah another technician ke rumah dan siap dengan perbaikan. Beruntung, beliau tidak bekerja, alasannya yaitu gangguan modem FiberHome alias koneksi Speedy sudah teratasi.
Itu beliau pengalaman Cara Mengatasi Gangguan Fiberhome Lampu LOS Merah Kedip-Kedip. Sebelumnya saya juga share pengalaman serupa, kasus gangguan yang sama, di posting Sampaikan Keluhan via Media Sosial Twitter. Wasalam. (http://blogromeltea.blogspot.com).*
0 comments: